POLITIK

Spanduk ‘Kaesang 2024-2029’ Mendadak Muncul di Jakarta

Spanduk bertuliskan “Kaesang 2024-2029” mendadak muncul di sejumlah titik di jalan raya Jakarta. Hal ini mengejutkan sejumlah pihak di tengah hangatnya Pilkada 2024.

Spanduk tersebut dipajang di kawasan Mampang, Menteng, Jakarta Selatan, dan Jakarta Pusat, tak jauh dari kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU). Spanduk tersebut berukuran sekitar dua meter dengan latar balakang putih.

Di bagian bawah spanduk ada tulisan kecil “DKI Jakarta” dan foto Kaesang yang menggunakan pakaian beskap Jawa lengkap dengan blangkonnya. Tulisan “Kaesang 2024-2029” ditulis dengan huruf kapital dengan warna merah tua.

Hingga saat ini, belum ada klarifikasi dari pengurus Partai Solidaritas Indonesia (PSI) terkait spanduk yang beredar. Kakak Kaesang Pangarep, Gibran Rakabuming Raka merespon terkait spanduk itu.

Gibran awalnya mempertanyakan lokasi spanduk itu dipajang. Gibran kemudian mengungkapkan bahwa Kaesang kini sangat semangat di kancah politik. Dia juga meminta awak media turut mendoakan yang terbaik untuk Kaesang.

Gibran pun enggan bicara soal rencana Kaesang maju di Pilgub Jakarta. Ia meminta semua pihak untuk menunggu karena belum dipastikan soal itu. Menurutnya, untuk hal tersebut kembali pada penilaian dan pilihan warga.

 

Respon Projo dan PAN Soal Spanduk ‘Kaesang 2024-2029’

Relawan Pro Jokowi (Projo) juga merespon munculnya sejumlah spanduk yang bertuliskan Kaesang 2024-2029 di Jakarta. Hingga kini Projo belum memutuskan dukungan kepada Kaesang pada Pilgub Jakarta.

Bendahara DPP Projo Panel Barus menyampaikan, saat ini keputusan organisasi adalah mendukung Ridwan Kamil (RK) sebagai calon gubernur (cagub) Jakarta. DPP Projo juga belum mengambil keputusan untuk mengusulkan nama Kaesang sebagai pendamping RK pada Pilgub Jakarta 2024.

Panel mengatakan, Kaesang merupakan sosok anak muda yang selalu membawa harapan. Namun Projo belum mengambil sikap untuk mendukung Kaesang. Kepastian dukungan Projo adalah kepada Ridwan Kamil.

“Jadi yang pasti-pasti saja. Projo akan mendukung RK di Pilgub Jakarta dengan segenap keyakinan bahwa RK bisa memenangkan pertarungan di Jakarta siapapun lawannya,” kata Panel Barus.

Menurutnya, Jakarta merupakan daerah yang sedikit keramat untuk petahana. Berdasarkan Pilkada sebelumnya, petahana tidak pernah menang di Jakarta, bahkan calon yang angka surveinya tinggi hasil akhirnya selalu kalah di Jakarta.

“Apalagi sering kita sampaikan bahwa Jakarta itu agak sedikit keramat untuk petahana, petahana selalu kalah di Jakarta, dan seluruh orang yang angka surveinya tinggi akhirnya mengalami kekalahan di Jakarta,” katanya.

BACA JUGA : Respon Parpol Anggota KIM Saat PKS Buka Opsi Gabung

Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno juga menanggapi soal spanduk bertuliskan “Kaesang 2024-2029” itu. Menurutnya, nama Kaesang Pangarep layak dipertimbangkan oleh Koalisi Indonesia Maju (KIM) untuk maju di Pilkada Jakarta.

Eddy menyebut, para pemimpin partai politik yang bergabung dalam KIM akan membahas serta mempertimbangkan sosok yang akan disung maju di Pilkada Jakarta 2024.

error: Content is protected !!