POLITIK

76,2 Persen Masyarakat Puas Atas Kinerja Presiden Jokowi

Hasil survei kinerja Presiden Jokowi selama menjabat mencapai 76,2 persen masyarakat puas. Nilai ini merupakan hasil dari survei indikator yang dirilis oleh Lembaga Indikator Politik Indonesia. Meskipun akhir-akhir ini sering diterpa isu negatif, namun masyarakat mengaku puas dengan kinerja Presiden ke-7 Indonesia ini.

“Mayoritas masyarakat merasa puas atas kinerja Joko Widodo sebagai Presiden. Angkanya mencapai 76,2 persen,” tutur Peneliti Utama Indikator Politik Indonesia, Rizka Halida.

Dari hasil survei tersebut, terdapat 12,9 persen sangat puas, 63,3 persen puas dan 21,9 persen kurang atau tidak puas. Setelah ditelusuri, salah satu alasan yang membuat masyarakat puas dengan Jokowi adalah suka memberi bantuan ke masyarakat kecil.

“Setelah ditelusuri, alasan utama yang membuat masyarakat puas dengan kinerja Jokowi adalah suka memberi bantuan kepada rakyat kecil. Angkanya mencapai 33,6 persen,” jelas Rizka.

Selain suka memberi bantuan, kepuasan masyarakat terhadap kinerja Presiden Jokowi juga mencakup pembangunan infrastruktur jalan, jembatan, bendungan, dan lainnya. Ada juga yang memberikan penilaian berdasarkan sifat Jokowi yang sangat merakyat dan beberapa lainnya menilai kinerja Jokowi memang sudah cukup bagus.

Terdapat 25,1 persen berdasarkan infrastruktur jalan, jembatan, bendungan, dan lainnya. Kemudian, nilai untuk sifat-Nya yang merakyat mendapat 8,9 persen dan 8,8 persen yang menilai kinerja Presiden sudah cukup bagus.

“Angkanya mencapai 25,1 persen. Ada juga 8,9 persen yang menilai Jokowi orangnya merakyat. Dekat dengan rakyat. Ada juga yang menilai kinerjanya sudah bagus, mencapai 8,8 persen,” ujar Rizka.

BACA JUGA : Pria Di Tapanuli Tengah Cabuli Puluhan Bocah Laki-laki

Survei ini dilakukan pada 23 November 2023 sampai 1 Desember 2023. Tercatat 1.200 responder dengan oversample di 15 provinsi mencapai 5.380 responden. Adapun margin of error sekitar kurang lebih 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

error: Content is protected !!