POLITIK

Ucapan Selamat dari Pemimpin Dunia Untuk Prabowo Usai Resmi Menang Pilpres

Sejumlah pemimpin dunia dari belahan dunia Barat hingga Timur memberi ucapan selamat kepada Prabowo usai ditetapkan menang Pilpres 2024. Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka ditetapkan KPU sebagai pemenang perolehan suara Pilpres 2024.

Deretan pemimpin dunia ini menyambut dengan baik kabar dari KPU. Meskipun masih ada upaya gugatan sengketa pemilu di Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia (MKRI).

Perlu diketahui, KPU telah menetapkan pemenang perolehan suara Pilpres 2024 pada Rabu (20/3) malam. Penetapan ini dikeluarkan lewat Surat Keputusan Nomor 360 Tahun 2024 tentang Penetapan Presiden dan Wakil Presiden, Anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota Tahun 2024. Prabowo-Gibran memperoleh suara terbanyak Pilpres 2024, yakni 96.214.691 suara.

Berikut ini deretan ucapan selamat dari pemimpin dunia untuk kemenangan Prabowo:

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat

Menlu AS, Anthony J Blinken mengatakan AS-Indonesia sudah memiliki hubungan diplomatik selama 75 tahun yang dilandasi pada demokrasi dan pluralisme. Blinken berharap hubungan AS-Indonesia akan semakin erat setelah kepemimpinan Prabowo Subianto.

“Kami menyampaikan ucapan selamat yang tulus kepada Presiden terpilih Indonesia Prabowo Subianto atas kemenangannya,” kata Blinken.

Presiden China

Dilansir AFP, Presiden Republik Rakyat China, Xi Jinping, mengucapkn selamat kepada Prabowo pada Kamis (21/3/2024). Ucapan selamat Xi dilansir kantor berita China, Xinhua News Agency.

PM Jepang

“Menanggapi pengumuman KPU Indonesia pada tanggal 20 Maret mengenai terpilihnya Bapak Prabowo Subianto sebagai Presiden terpilih dari hasil Pemilihan Presiden yang telah dilaksanakan pada tanggal 14 Februari. Dengan ini Bapak Kishida Fumio, Perdana Menteri Jepang mengirimkan surat ucapan selamat kepada Bapak Prabowo, Presiden Republik Indonesia Terpilih,” keterangan tertulis yang dikirim Kedutaan Besar Jepang di Jakarta, Kamis (21/3).

Raja Salman dari Arab Saudi

“Dalam pesannya, Penjaga Dua Masjid Suci menyampaikan ucapan selamat yang setulus-tulusnya kepada Prabowo Subianto. Semoga sukses dan masyarakat Indonesia semakin maju dan sejahtera,” ujar Salman dalam keterangan resmi di kantor berita Arab Saudi, The Saudi Press Agency (SPA).

PM Malaysia

“Saya telah menghubungi Presiden terpilih Republik Indonesia Yang Mulia Bapak Prabowo Subianto bagi menyampaikan salam tahniah di atas kejayaan beliau dalam Pemilihan Presiden Indonesia yang baru selesai,” kata Perdana Menteri Malaysia, Anwar Ibrahim di akun Instagram-nya.

BACA JUGA : Hasil Pilpres 2024: Prabowo-Gibran Unggul 1 Putaran

Presiden Ukraina

“Presiden Ukraina mengucapkan selamat kepada Bapak Prabowo atas keberhasilannya dalam pemilihan Presiden Republik Indonesia,” tulis Duta Besar Ukraina untuk RI, Vasyl Hamianin, di akun Instagram-nya, Kamis (21/3/2024).

error: Content is protected !!