POLITIK

Ganjar Pranowo: Hak Angket DPR Tak Akan Berjalan Mulus

Calon Presiden Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo mengatakan penggunaan hak angket DPR tidak akan berjalan mulus. Angket DPR terkait kecurangan Pemilu 2024 itu juga diprediksi membutuhkan waktu yang cukup lama.

Meskipun demikian, Eks Gubernur Jawa Tengah itu yakin bahwa hak angket di DPR RI akan berjalan dengan menarik. Hal itu terlihat pada saat Rapat Paripurna pembukaan masa sidang DPR RI pada Selasa (5/3/2024).

“Sebuah proses yang cukup panjang. Dan saya kira nanti tidak berjalan mulus-mulus saja,” kata Ganjar secara virtual.

Ganjar menyampaikan, anggota DPR RI pasti ada yang setuju dan ada juga yang menolak hak angket. Oleh sebab itu, akan terjadi dinamika di parlemen.

“Karena pasti ada cerita yang setuju dan tidak setuju dan kemudian dibikin cerita-cerita yang makin meriah agar hak angket berjalan atau tidak berjalan,” lanjutnya.

Ganjar juga memprediksi dalam proses ini kemungkinan akan terjadi manuver politik. Oleh karena itu, pihaknya akan mempersiapkan antisipasi terkait kondisi tersebut.

Perlu diketahui, Ganjar Pranowo merupakan tokoh utama yang mendorong partai pengusungnya untuk menggulirkan hak angket tekait dugaan kecurangan Pilpres 2024 di DPR. Ada pun partai yang mengusung Ganjar Pranowo dan Mahfud MD yang ada di DPR saat ini adala PDI-P dan PPP.

BACA JUGA : Bertengkar dengan Adik Berujung Dibacok Ayah

Menurutnya, hak angket DPR merupakan salah satu upaya untuk meminta peranggungjawaban KPU dan Bawaslu terkait pelanggaran Pilpres 2024 yang sarat dengan kecurangan yang terstruktur, sistematis, dan masif (TSM).

“Jika DPR tak siap dengan hak angket, saya mendorong penggunaan hak interpelasi DPR untuk mengkritisi kecurangan pada Pilpres 2024,” kata Ganjar di Jakarta, Senin (19/2).

error: Content is protected !!