POLITIK

Peluang Terpilihnya Prabowo-Gibran Semakin Tinggi Berdasarkan Hasil Survei ISC

Lembaga Indonesia Survey Center (ISC) merilih hasil surveinya untuk mengukur peluang terpilihnya calon presiden dan wakil presiden dalam Pilpres 2024. Pasangan Capres-Cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka memperoleh persentase paling tinggi yakni 52%.

Peneliti Senior ISC, Chairul Pane, menjelaskan kriteria responden survei yakni berusia 17 ke atas atau sudah memiliki KTP dan sudah menikah. Survei diselenggarakan dalam rentang waktu 11-19 Januari 2024 yang melibatkan 1.670 responden dari 34 Provinsi di Indonesia. Survei ini menggunakan metode random digit dialing. Hasilnya, margin of error (MoE) 2,4% dengan tingkat kepercayaan 95%.

Lebih lanjut, Chairul menjelaskan tingkat keyakinan pilihan para responden. ISC mencatat tingkat keyakinan responden yang sudah mantap memilih paslon dukungannya yakni 80%. Ada juga 15,7% yang masih ragu dalam memilih atau belum memantapkan pilihannya dan 4,3% yang memilih tidak menjawab.

Hasil surveinya, paslon nomor urut 03 Ganjar-Mahfud berada di urutan terakhir yang memperoleh 18,1% dengan undecided voters 8,2%. Paslon nomor urut 01 Anies-Muhaimin memperoleh 21,7 persen. Sementara pasangan Prabowo-Gibran memiliki nilai tertinggi dalam survei ini yakni 52%.

“Pasangan Prabowo-Gibran memenangkan pertarungan dengan memeroleh 52,0 persen,” kata Chairul.

Berdasarkan hasil survey tersebut, paslon nomor urut 2 Prabowo-Gibran memiliki peluang yang sangat besar bahkan mampu memenangkan pemilu 2024 dalam satu putaran saja.

“Hasil survei ini menunjukkan bahwa pemilu berpotensi besar akan berlangsung satu putaran, di mana Prabowo-Gibran akan menjadi pemenangnya,” ujarnya.

BACA JUGA : Gegara Memalsukan Meterai Pasutri Berujung Dipenjara

Bila dibandingkan dengan data sebelumnya pada periode 25 November – 4 Desember 2023, Prabowo-Gibran menunjukan tren peningkatan yang positif. Hasil survei ISC 25 November – 4 Desember 2023 yakni Prabowo-Gibran (44,4 %). Ganjar-Mahfud (25,9%) dan Anies-Imin (25,4%).

error: Content is protected !!