POLITIK

Semakin Kuat! KIM Berencana Membentuk ‘KIM Plus’

Koalisi Indonesia Maju (KIM) bersama sejumlah partai politik lain berencana membentuk ‘KIM plus’. Gabungan partai politik ini untuk kontestasi Pilgub Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Timur pada Pilkada 2024.

KIM awalnya terdiri atas 10 partai politik, yaitu Gerindra, Golkar, Demokrat, PAN, PBB, Gelora, Garuda, Prima, dan PSI. KIM sebelumnya mengusung pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka dalam Pilpres 2024.

Ketua Harian Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad mengatakan para pimpinan KIM plus telah mengantongi nama-nama yang akan diusung. Tetapi dia enggan menyebut siapa saja nama-namanya.

Namun, Dasco menanggapi terkait peluang Anies Baswedan berduet dengan Jusuf Hamka di Pilgub Jakarta. Dasco menyebut hal itu sudah mengungkap adanya KIM plus di Jakarta. Dasco mengungkapkan saat ini mereka masih menunggu Prabowo pulang untuk melakukan pertemuan dengan partai-partai koalisi.

“Ya termasuk Pilkada Jateng. Ini nunggu Pak Prabowo pulang. Akan ada pertemuan dari partai-partai koalisi. Koalisi plus, Koalisi Indonesia Maju plus,” ujar Wakil Ketua DPR RI itu.

Ia menyebut ada partai lain yang akan gabung dalam koalisi yang baru namun Dasco tidak menyebut nama partai tersebut. Menurut Dasco, akan ada KIM plus Jawa Barat, DKI, Jawa Tengah, dan Jawa Barat.

Dasco juga mengatakan KIM plus akan memberikan kejutan terkait Pilgup Jakarta. Ketika ditanya soal partai yang bakal gabung KIM, Dasco meminta semua pihak untuk menunggu kejutannya.

Tanggapan Waketum Partai Golkar Soal Rencana Pembentukan KIM Plus

Sementara Waketum Partai Golkar, Dito Ariotedjo menanggapi soal rencana pembuatan KIM plus di Pilgub Jakarta. Dito mengatakan sejauh ini sudah ada komunikasi yang baik dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Selain itu, Dito menanggapi pidato ketua umum Partai Perindo, Angela Tanoesoedibjo yang menyatakan bersama pemerintah selanjutnya di bawah Pak Prabowo-Gibran.

Saat ditanya peluang PKS gabung dengan KIM di Jakarta, Dito mengatakan tujuan yang terpenting adalah membangun bangsa. Jika bersama baik untuk bangsa maka hal tersebut akan lebih bagus.

Waketum PAN Menyambut Baik

Waketum PAN, Viva Yoga juga menyambut baik rencana tersebut. Ia berharap Partai NasDem, PKS hingga PKB bergabung ke KIM di Pilgub Jakarta dan Jawa Tengah. Viva menyebut tujuannya adalah mendapatkan kemenenangan elektoral di pilkada.

“Senang sekali apabila di daerah khusus Jakarta dan Jawa Tengah ada tambahan koalisi dari KIM. Tujuannya adalah untuk mendapatkan kemenangan elektoral di pilkada,” kata Viva.

BACA JUGA : Pensiunan ASN Tewas Dibunuh Gegara Sindir Pria Belum Nikah

Menurut Viva, setiap partai memilik basis yang berbeda sehingga dengan membentuk koalisi akan memperbesar kemenangan salah satu calon di Jakarta. Ia juga berharap partai yang sebelumnya bergabung dengan Koalisi Perubahan bisa bergabung dengan KIM kedepannya.

error: Content is protected !!