POLITIK

Survei Terbaru : 79,5% Responden Puas Kinerja Jokowi

Lembaga Indikator Politik Indonesia merilis hasil survei terbaru terhadap kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi). Hasil survei menunjukkan 79,5 persen dari 1.200 responden puas dengan kinerja selama pemerintahan Presiden Jokowi.

Survei ini dilakukan dalam periode 28 Januari sampai 4 Februari 2024 dengan jumlah responden sebanyak 1.200 responden. Metode survei ini menggunakan metode multistage random sampling dengan toleransi kesalahan (margin of error–MoE) sekitar ±2.9% pada tingkat kepercayaan 95%.

Direktur Eksekutif Indikator Politik, Burhanuddin Muhtadi mengatakan hasil dari survei ini cukup besar hampir 80 persen masyarakat puas atas kinerja pemerintah. Ia menyebut selama pemerintahan Jokowi hanya sekali mendapat penilaian dibawah 50 persen.

“Kinerja pemerintah kalau kita cek hampir 80 persen masyarakat yang puas waktu kita survei tanggal 28 sampai 4 Februari jadi cukup besar, kalau kita lihat trennya begitu,” kata Burhanuddin.

“Hanya sekali approval rating Presiden Jokowi di bawah 50 persen itu bulan Juni 2015 saat inflasi mencapai hampir 8 persen. Jadi inflasi naik akibat kebijakan kenaikan BBM yang diambil presiden Jokowi,” lanjutnya.

Kemudian, Presiden Jokowi menghemat dana subsidi BBM dan sebagian dialokasikan untuk subsidi langsung ke masyarakat yang membutuhkan sehingga approval presiden naik dan konsisten hingga sekarang.

BACA JUGA : Presiden Jokowi: Saya Tidak Akan Berkampanye

“Tetapi dari penghematan dana subsidi BBM sebagian dialokasikan buat BLT buat bansos dan dipake untuk subsidi langsung untuk warga yang membutuhkan dan itu berhasil menaikkan approval presiden selama 8 tahun terakhir,” ungkapnya.

Berikut rating kinerja Jokowi berdasarkan survei terbaru dari Indikator Politik Indonesia:
•Sangat puas 16,7%
•Cukup puas 62,8%
•Kurang puas 17,7%
•Tidak puas sama sekali 2,4%
•TT/TJ 0,4%

error: Content is protected !!