POLITIK

Jadwal dan Tema Debat Pilpres Ketiga Pada Januari 2024

Debat pilpres pertama dan kedua telah usai, kini Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI akan menggelar debat ketiga. Debat pilpres ketiga akan diselenggarakan pada Januari 2024 mendatang.

Berdasarkan jadwal, debat yang ketiga akan digelar pada 7 Januari 2024 dan akan diikuti oleh capres. Tema debat kali ini ialah Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional dan Geopolitik.

Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari mengatakan pada debat ketiga akan ada enam segmen sebagaimana yang sudah disepakati sejak debat pertama dan debat kedua termasuk durasi waktunya.

“Kalau soal format, ada enam segmen sebagaimana yang sudah kita saksikan di debat pertama maupun di debat kedua. Nampaknya akan kita pertahankan karena sejak awal memang sudah disepakati demikian termasuk durasi waktunya,” kata Hasyim.

Hanyim juga mengatakan bahwa pihaknya akan mengevaluasi terkait kesediannya podium hingga memperbolehkan pasangan calon membawa catatan pada saat debat. Meski begitu, berdasarkan kesepakatan setiap kali debat, sejak debat kedua dan terakhir akan tetap disiapkan panggung, podium dan kemudian diperbolehkan bawa alat tulis.

Untuk informasi, debat pilpres 2024 berlangsung sebanyak 5 kali. Berikut jadwal dan tema debat dalam rangkainan pilpres 2024.

Debat pertama (Capres): 12 Desember 2023
Tema: Pemerintahan, Hukum, HAM, Pemberantasan Korupsi, Penguatan Demokrasi, Peningkatan Layanan Publik dan Kerukunan Warga

Debat kedua (Cawapres: 22 Desember 2023
Tema: Ekonomi (ekonomi kerakyatan dan ekonomi digital), Keuangan, Investasi Pajak, Perdagangan, Pengelolaan APBN-APBD, Infrastruktur, dan Perkotaan

Debat ketiga (Capres): 7 Januari 2023
Tema: Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional dan Geopolitik

Debat keempat (Cawapres): 21 Januari 2023
Tema: Pembangunan Berkelanjutan, Sumber Daya Alam, Lingkungan Hidup, Energi, Pangan, Agraria, Masyarakat Adat dan Desa

BACA JUGA : Ini Janji PPP Jika Menang Pemilu 2024

Debat kelima (Capres): 4 Februari 2023
Tema: Kesejahteraan Sosial, Kebudayaan, Pendidikan, Teknologi Informasi, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Sumber Daya Manusia, dan Inklusi.

error: Content is protected !!